Jumat, 20 Desember 2013

Serat Bambu: Ratu dari Segala Serat

Ratu dari Segala Serat

Serat bambu merupakan revolusi ke lima di bidang tekstil

Serat bambu dibuat dengan bahan dasar bambu pilihan, diproses dengan teknologi tinggi dengan mengambil serat yang terdapat didalam bambu yang dicampur dengan bahan lainnya sehingga terbentuklah serat baru. Produk yang dapat menggunakan serat bambu sebagai bahan baku antara lain adalah pakaian, handuk, produk tekstil tempat tidur, celana, produk tekstil rumah tangga, t-shirt dan produk tekstil lainnya. Produk ini memiliki keunggulan yaitu membantu anda untuk menjaga kesehatan anda, lembut untuk kulit anda, bersamaan dengan meningkatkan taraf hidup anda, serat ini juga telah mengubah tingakat persaingan di industri terkait. Dikarenakan bambu memiliki kemampuan untuk memproduksi anion dan anti bakteri yang alami maka dalam proses pertumbuhannya tidak dibutuhkan pembasmi hama kimia, dan juga dalam proses pembentukannya menggunakan teknologi tinggi yang tidak memerlukan penambahan bahan kimia lainnya. Selain memiliki fungsi anti bakteri,anti tungau, anti bau dan anti-ultraviolet, serat bambu juga memiliki kelebihan dalam hal sirkulasi udara, kemampuan serap air, lebih kuat, mudah untuk diwarnai, dan juga kelebihan lainnya. Serat ini juga diberi julukan "bahan eko-tekstil yang dapat bernapas", "ratu dari tekstil". oleh para ahlinya, serat bambu disebut sebagai "bahan tekstil yang memiliki prospek pengembangan paling cerah di abad 21". Disebut juga revolusi ke lima dari industri pertekstilan setelah katun, wool, sutera dan kain lenan.

8 keunggulan dari serat bambu

Dengan menggunakan bahan dasar bambu alami, serat bambu memiliki 8 keunggulan yang tidak dapat tergantikan oleh serat tradisional lainnya.

1. Fungsi anti bakteri dan membasmi bakteri

Diteliti menggunakan mikroskop elektron, bakteri dalam jumlah yang sama pada kain jenis katun dan serat kayu bakteri dapat menggandakan diri dalam jumlah besar, sedangkan pada produk serat bambu bakteri tersebut dalam 24 jam kemudian mati terbunuh sekitar 75%. Penemuan baru autoriti Jepang menambahkan nilai lebih pada produk ini, kemudian melewati tes dari pusat pengontrolan kualitas produk katun China dan melewati tes dari Pusat Penelitian Mikroorganisme Akademi Sains Shanghai China juga membuktikan hasil-hasil diatas (handuk katun di musim panas mudah bau sehingga kuman berkembang biak menjadi puluhan ribu kali lipat).

Bakteri

Terbunuh sebanyak 48%

Terbunuh sebanyak 95%

dalam waktu 1 jam

dalam waktu 24 jam

2. Fungsi menyerap dan menghilangkan bau

Struktur pori-pori kecil khusus di bagian dalam serat bambu membuat serat bambu memiliki daya serap yang tinggi, dapat menyerap formaldehyde, benzene, toluene, ammonia dan substansi berbahaya lainnya, Karena serat bambu memiliki klorofil copper sodium, maka ia memiliki kemampuan menghilangkan bau yang baik, dapat menghilangkan bau yang tidak sedap.


Benzene
Ammonia
Formaldehyde
Toluene

Dapat menyerap benzene, ammonia, formaldehyde, toluene, dan substansi berbahaya lainnya dapat menghilangkan bau yang tidak sedap.

3. Fungsi menyerapkan dan menghilangkan kelembaban

Di bawah mikroskop elektron dengan pembesaran 2000 kali, di permukaan serat bambu terdapat banyak cekungan dan cembungan, membentuk lubang-lubang berbentuk oval, lubang yang besar. Hal menunjukkan daya kapilaritas yang tinggi, bisa dengan cepat menyerap dan menguapkan air, dari semua serat alami, daya serap dan daya pengeluaran air serat bambu adalah yang paling tinggi. Di suhu 36°C, dalam kondisi 100% basah, daya serap kembali serat bambu mencapai 45%, sirkulasi udara lebih tinggi dari katun 3.5 kali, maka disebut juga "Serat yang bisa bernapas". Menggunakannnya sebagai bahan jadi tekstil dapat disebut sebagai "Kulit manusia lapisan kedua".

Serat Bambu

Serat Katun

Sirkulasi udara serat bambu lebih tinggi dari serat katun 3.5 kali

4. Fungsi super anti-ultraviolet

Daya tembus ultraviolet di katun adalah 25%, daya tembus di serat bambu 0.6%, daya anti-ultraviolet serat bambu dibanding katun lebih tinggi 417 kali lipat. Produk serat bambu dapat digunakan di musim panas dan gugur, membuat orang terasa nyaman, sejuk. Di musim dingin dan semi menggunakannya juga membuat kita terasa nyaman dan dapan mengeluarkan kelebihan panas dan air dalam tubuh.
Daya anti-ultraviolet serat bambu dibanding serat katun lebih tinggi 417 kali lipat.
Daya menangkal ultraviolet serat bambu 98%, adalah tirai pelindung alamiah tubuh, menjaga kulit tubuh kita agar tidak terluka karena sinar ultraviolet

5. Mengandung ion negatif (anion) di dalam serat bambu. Kepadatan anion dalam serat bambu mencapai 6000 bh/cm3 .

Ion negative : adalah ion-ion yang yang mempunyai muatan oksigen, tidak berwarna dan tidak berasa.
Proses terjadinya ion negatif : udara di alam bebas bila mengalami tekanan makan elektron bebas tersebut sebagian besar akan menjadi ion oksigen, dan kita sering menyebut ion negatif di udara ini disebut "ion negative oksigen"
Kegunaan Ion negatif : menenangkan, membuat tidur, meringankan sakit, menghentikan gatal2, melancarkan air kencing menambah nafsu makan,menurunkan tekanan darah.Misalnya setelah hujan petir ,ion negatif di udara akan bertambah banyak, dan banyak orang akan merasakan udara segar. Dan contoh lain, seperti di ruangan ber – AC, karena ion negatif di udara setelah melalui serangkaian permurnian melalui saluran ventilasi yang terdapat dalam AC maka ion negatif hampir semuanya hilang, Orang-orang akan merasa sesak bila tinggal dalam ruangan ber AC dalam waktu lama, pusing,lemah, kemampuan bekerja dan kesehatan menurun, dikatakan "air-conditioning syndrome".

Ion negatif dapat menyembuhkan berbagai penyakit :
(1) Menghilangkan asap dan debu: ion negative dapat secara cepat menetralkan ion positif yang terdapat di dalam udara seperti : asap rokok, asap mobil dan debu-debu.
(2) Memperbaiki struktur udara: setiap orang membutuhkan 130 milyar ion negatif tiap hari, dan rumah tinggal, kantor dan tempat-tempat rekreasi kita hanya dapat menyediakan kita 2-20 milyar ion negatif, sering mudah menyebabkan pneumonia , bronkitis dan penyakit pernapasan lainnya.
(3) Memperbaiki fungsi paru-paru: setelah menghirup ion negatif selama 30 menit, paru-paru dapat menambah penyerapan oksigen sebesar 20%, dan dapat membuang karbon dioksida 14.5% lebih banyak.
(4)Meningkatkan fungsi hati: dapat menekan stress, dapat membangkitkan semangat,meningkatkan efensiensi kerja.
(5)Memperbaiki metabolisme: ion negatif dapat mengurangi berbagai enzim negatif memperbaiki metabolisme tubuh,meningkatkan kualitas tidur.
(6)Meningkatkan daya tahan tubuh: ion negatif meningkatkan/memperbaiki reaksi tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
(7)Ion negative dapat membantu dalam penyembuhan berbagai macam penyakit, seperti alergi,asthma,dan infeksi saluran pernafasan. Udara terdiri dari beberapa molekul, karena sinar-sinar yang tak terbatas di alam , sinar ultra violet, pengaruh radiasi dari tanah dan udara ,sehingga beberapa molekul udara melepaskan elektron , pada tekanan atmosfer normal,elektron yang dilepas sangat cepat bergabung dengan molekul yang di udara,dan membentuk Ion negatif,atau di sebut "Anion" Ion negatif adalah ion bermuatan negative di dalam udara ,ada orang menyebutkan ion negatif sebagai " vitamin udara", bahkan beranggapan itu adalah vitamin makanan, terhadap kehidupan kegiatan manusia dan organisme lainnya memiliki pengaruh yang sangat besar.
Bahkan ada juga orang yang beranggapan bahwa ion negatif berhubungan dengan umur panjang, juga disebut sebagai "Faktor umur panjang".
Jumlah ion negatif di udara mendapat pengaruh dari kondisi geografis dari suatu tempat.Taman, pinggiran kota, pantai, danau, air terjun dan kawasan hutan yang memiliki ion negatif lebih banyak. Oleh karena itu,pada saat orang masuk ke tempat-tempat seperti diatas, maka pikiran kita akan menjadi lebih segar,pernafasan lebih nyaman dan enak. Jika kita masuk ke dalam keributan/kebisingan tempat ramai, atau masuk ke ruangan ber-AC, membuat kita merasa panas,sesak nafas dll.
Jenis Produk Bedding Handuk Bra Kaos Kaki Pakaian Dalam
Kandungan Ion negatif/cm3 22000 25000 26000 16000 20000

6. Fungsi far infrared rays (FIR)

Tingkat emisi sinar infrared panjang serat bambu mencapai 0.87 , jauh mengungguli bahan serat tradisional.
Fungsi far infrared rays (FIR) : Memperbaiki aliran darah dalam tubuh ;meningkatkan metabolisme tubuh ; memperbaiki dan memulihkan system pernafasan; mencegah pertumbuhan bakteri; mengeluarkan keringat; menjaga tubuh lebih teratur; menjaga kesegaran badan; mengurangi kandungan asam dalam darah ; menghilangkan rasa sakit pada tubuh dan tempat yang sakit; tidur lebih nyenyak; menghilangkan bau badan; menghilangkan bakteri dan jamur; membersihkan udara dalam badan; menjaga suhu tubuh; memperbaiki sistem urat syaraf dalam tubuh secara otomatis.

7. Memiliki fungsi membersihkan yang kuat

Produk dari serat bambu dapat dan menghilangkan membersihkan lemak , misalnya menghilang dan embersihkan oli , minyak goreng , semir sepatu dan lain lain.

8. Fungsi kenyamanan keindahan

Kenyamanan dari pakaian ditentukan dari tiga unsur: nyaman dalam cuaca panas, nyaman disentuh, nyaman di tekan. Daya serap serat bambu tinggi, sirkulasi udara baik, tingkat emisi sinar infrared panjang mencapai 0.87, jauh mengungguli bahan serat tradisional, maka cocok dipakai saat panas. Berdasarkan kebutuhan di setiap musim yang berbeda, menggunakan teknik yang berbeda, membuat produk serat bambu menghasilkan kehangatan di musim dingin, kesejukan di musim panas. Produk serat bambu juga baik bagi kulit, nyaman disentuh, kulit terasa segar. Produk serat bambu ringan bersinar, lembab dan lembut, halus dan ringan, memiliki rasa lembut seperti katun, kesegaran seperti sutra, lembut di badan, nyaman di kulit. Pemakaian bagus, memberikan kenyamanan tanpa tekanan. Di musim panas menggunakan produk serat bambu, tubuh bisa merasa sangat segar, suhu tubuh dapat berkurang 1-2 derajat, sedangkan di musim dingin memiliki efek menjaga kehangatan, juga dapat mengeluarkan kelebihan panas dan cairan dalam tubuh, hangat di musim dingin, sejuk di musim panas membuatnya tidak bisa dibandingkan dengan bahan serat lainnya.
Kerapatan serat bambu, tingkat keputihan yang bagus, setelah diwarnai terlihat indah, warna yang cerah, tidak luntur, bersinar bercahaya, elegan, enak dikenakan, memiliki perasaan anggun alami.
Permukaan serat bambu lebih lembut dan licin, lebih nyaman dikulit tubuh.

Serat bambu memiliki potensi pasar yang besar dan masa depan yang cerah



dikutip dari: flier-intind.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar