Rabu, 28 Juli 2010

Mengetahui Apa Yang Anda Makan

Mungkin selama ini kita sering bingung untuk menentukan komposisi serta nilai gizi dari makanan yang kita konsumsi. Mengetahui informasi komposisi dan nilai gizi sangat berguna terutama bagi mereka yang menjalani hidup sehat dan memperhatikan pola makan yang baik dan benar.
Nutritiondata.com adalah website yang menyediakan fasilitas gratis untuk menentukan kandungan nutrisi dari suatu jenis makanan, situs ini sangat lengkap dan mudah untuk digunakan. Untuk mencari informasi tentang kandungan nutrisi suatu makanan, masukkan kata kunci pada kolom pencarian yang berada di kanan atas halaman website tersebut, tentunya harus dalam bahasa inggris. Untuk mempersempit hasil pencarian, gunakan filter untuk kategori makanan yang berada di samping kanan kolom kata kunci.
Search Form
Search Form
Sebagai contoh, misalnya kita hendak mengetahui komposisi serta nilai gizi dari ikan tuna, masukkan kata kunci fish tuna raw, kata raw pada kata kunci tersebut dimaksudkan untuk mencari data untuk ikan tuna mentah atau belum diolah/dimasak. Klik tombol search untuk mencari dan pilih hasil pencarian yang paling sesuai (Fish, tuna, fresh, yellowfin, raw) untuk menampilkan informasi nutrisinya. Informasi nutrisi yang ditampilkan sangat lengkap dan informatif dengan beberapa jenis informasi yaitu Nutrition Fact, Nutritional Target Map, Caloric Pyramid Ratio, NutritionsData’s Opinion, Nutrien Balance, Protein Quality dan Nutrition Information. Informasi nutrisi yang ditampilkan bisa diatur berdasarkan serving size yang bisa dipilih dari opsi yang ada (per 100 gram, 1 cup, dll).
Nutrition Fact
Nutrition Fact dibuat berdasarkan standar yang telah ditetapkan FDA dan seperti yang terdapat pada label produk-produk makanan yang sering kita temui. Informasi Nutrition Fact tersebut dapat didownload ke dalam bentuk PDF.

Nutritional Target Map
Nutritional Target Map menyediakan informasi mengenai perbandingan antara bagaimana suatu makanan memberikan rasa kenyang (FF/Fillnes Factor) terhadap tingkat kepadatan nutrisi (ND/Nutrition Data Rating) yang dikandungnya.
  • Fillnes Factor (FF), adalah satuan untuk menyatakan bagaimana makanan yang dimakan memberikan kepuasan atau rasa kenyang dengan rentang nilai dari 0 – 5. Semakin tinggi nilai FF berarti semakin tinggi kemampuan makanan tersebut memberikan rasa kenyang per kalorinya, dan sebaliknya semakin randah nilai FF berarti semakin tinggi jumlah kalori yang dibutuhkan untuk memberikan rasa kenyang.
  • Nutritional Data Rating (ND), adalah satuan untuk menyatakan nilai gizi dari suatu jenis makanan dengan rentang nilai dari 0 – 5. Semakin tinggi nilai ND berarti semakin bergizi makanan tersebut dan juga sebaliknya, semakin rendah nilai ND berarti semakin kurang bergizi.

Cara membaca Nutritional Target Map
  • Area nomor 1 adalah area untuk jenis makanan dengan nilai kalori yang tinggi tetapi tidak bergizi
  • Area nomor 2 adalah area untuk jenis makanan dengan kemampuan memberikan rasa kenyang yang tinggi tetapi tidak bergizi
  • Area nomor 3 adalah area untuk jenis makanan dengan kemampuan memberikan rasa kenyang yang tinggi dan bergizi
  • Area nomor 4 adalah area untuk jenis makanan dengan nilai kalori tinggi dan bergizi.
Informasi mengenai Nutritional Target Map dapat dibaca disini.

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa  ikan tuna adalah jenis makanan dengan kemampuan memberikan rasa kenyang yang tinggi dan dan memiliki nilai gizi tinggi (area 3).
Nutrition Data’s Opinion
Nutrition Data’s Opinion memberikan informasi mengenai seberapa bagus suatu jenis makanan dilihat dari tiga kategori yaitu, Weight Loss, Optimum Health, dan Weight Gain. Penilaian tersebut didasarkan pada nilai dari FF dan ND dari Nutritional Target Map. Informasi lain yang disajikan adalah mengenai sisi baik dan buruk dari jenis makanan tersebut

Caloric Pyramid Ratio
Caloric Pyramid Ratio memberikan informasi mengenai komposisi perbandingan kalori dari tiga unsur nutrisi makro yaitu karbohidrat, protein dan lemak. Informasi lebih lanjut mengenai Caloric Pyramid Ratio dapat dibaca disini.

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa 92% kalori yang diperoleh dari 100gr ikan tuna adalah berasal dari protein.
Estimated Glycemic Load
Estimated Glycemic Load (EGI) memberikan informasi mengenai seberapa banyak kenaikan level gula darah yang disebabkan oleh mengkonsumsi suatu jenis makanan dalam jumlah tertentu,semakin tinggi nilai EGl semakin tinggi level gula darah yang ditimbulkan. Informasi lebih lanjut mengenai EGI dapat dibaca disini.

Inflammation Factor

Inflammation Factor menunjukkan potensi suatu jenis makanan untuk menyebabkan peradangan atau sebaliknya menjadi anti peradangan dengan memperhitungkan efek dari unsur-unsur nutrisi seperti asam lemak, antioksidan dan efek glikemik. Nilai positif menujukkan bahwa jenis makan makanan tersebut berpotensi sebagai anti peradangan, dan sebaliknya nilai negatif berpotensi untuk menyebabkan peradangan. Informasi lebih lanjut mengenai Inflammation Factor dapat dibaca di sini atau mengunjungi situs InflammationFactor.com.

Nutrient Balance
Nutrient Balance memberikan informasi sekilas mengenai kelengkapan nutrisi dari suatu jenis makanan berdasarkan 23 jenis nutrisi. Jari-jari yang berwarna biru menunjukkan Protein , ungu menunjukkan vitamin (Vit A, Vit C, Vit D, Vit E, Vit K,Thiamin,Riboflavin, Niacin, Vit B6, Volate, Vit B12, dan Pantothenic Acid),  abu-abu menunjukkan mineral (Calcium, Iron, Magnesium, Phosphorus, Potassium, Zinc, Copper, Manganese, dan Selenium), kuning menunjukkan Natrium, Cholestrol dan Sodium, hijau menunjukkan Dietary Fiber. Semakin penuh warna dari suatu unsur nutrisi atau mendekati ujung lingkaran menunjukkan semakin tinggi nilai kandungan unsur nutrisi tersebut. Completeness Score menunjukkan nilai rata-rata dari kelengkapan 23 unsur nutrisi tersebut dengan rentang nilai dari 0-100. Informasi lebih lanjut mengenai Nutrient Balance dapat dibaca disini.

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa, ikan tuna memiliki kandungan protein ,cholesterol, thiamin, niacin, vit b6, vit b12, dan panthotenic acid, selenium, potassium, phosphorus dan mangan yang tinggi.
Protein Quality
Protein Quality memberikan informasi mengenai kandungan sembilan jenis asam amino esensial dari suatu jenis makanan (Tryptophan,Theorine, Isoleucine, Leucine, Lysine, Methionine+Cystine, Phenylalanine+Tyrosine, Valine dan Histidine). Semakin penuh warna dari suatu unsur asam amino menunjukkan semakin tinggi kandungan asam amino tersebut.  Informasi lebih lanjut mengenai Protein Quality dapat dibaca disini.

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa ikan tuna memiliki kandungan asam amino esensial yang lengkap.
Nutrition Information
Nutrition Information memberikan informasi nilai gizi dalam bentuk yang lebih terperinci yang terdiri dari Calorie Information, Protein & Amino Acids, Carbohydrates, Vitamins, Fat and Fatty Acids, Minerals dan Sterols.

Sumber:  planet.qword.com

Baca artikel terkait:
Tabel Asam-Basa Makanan
MAKAN DENGAN POLA SERASI DAN WAKTU YANG SESUAI 

 Produk Makanan Kesehatan Alkali :
Cyano Spirulina : Makanan Kesehatan Dunia
Gold Shape Natural Fiber
Gold- G Sea Cucumber Jelly
Gold Green Brazil Propolis: "Kekuatan Alami Yang Melindungi Anda"  
Gold Milk IgG DHA
 Gold Chlorophyll 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar