Jumat, 17 Desember 2010

Inilah Makanan yang Diklaim Sehat Tapi Menyabotase Diet Anda

Apakah anda sedang merusak diet dengan jenis makanan yang anda kira baik padahal sebenarnya tidak sehat? Smoothie buah, granola, kue mufin adalah beberapa jenis makanan yang terdengar menyehatakan. Kalori rendah dan ramah bagi pediet, namun sebenarnya sangat berlawanan.

Jangan terkecoh dengan produsen yang kerap menyembunyikan kalori tinggi dan menampilkan wajah serta klaim "ditambah dengan vitamin" atau "semua bahan alami" "organik". Salah pemahaman tentang nutrisi itu yang akhirnya mendorong kita membuat pilihan tidak bijak. Berikut ada  makanan yang selama ini menyandang reputasi sehat padahal mereka tidak layak.

Mufin Oat, Jagung dan Blueberry

Mereka terdengar seperti tanpa dosa. Namun, mufin di toko-toko kopi kerap dibuat dengan tepung putih yang dirafinasi. Itu berarti kategori junk food. Bahkan mufin oat akan mengandung lebih banyak tepung putih ketimbang oat yang kaya serat. Belum termasuk minyak, mentega dan tentu banyak gula. Porsinya pun besar, itu berarti kue mufin bisa mengantarkan 500 lebih kalori ke tubuh anda tanpa perlawanan!

Jangan terkecoh dengan kata mufin. Bisa jadi jati diri aslinya adalah cupcake raksasa dan bila anda santap saat sarapan, menu itu tidak lebih baik dari donat berglazur, dan yang menyedihkan juga lebih banyak mengandung kalori.

Minuman bernutrisi

Benar, para pakar kerap menyebut produk satu ini permen dalam bentuk cair dan tidak lebih baik dari soda, minuman buah, teh manis atau minuman bergula lain. Mereka dipenuhi gula yang dengan mudah menambah beberapa kilo setelah anda mengonsumsinya.

Kandungan vitamin B dan C yang mereka tawarkan pastinya tidak akan menutupi keberadaan gula. Lagi pula pediet yang serius pasti tahu, mereka akan mendapatkan vitamin dari sumber lain, yang berarti ekstra dosis terutama dalam minuman manis hanya akan menambah kerja ginjal dan mengotori urin. Jika anda merasa pola makan anda rendah vitamin, lebih baik minum multivitamin, makan buah dan minum air putih.

Batangan bernutrisi.


Mereka, para produsen, memanggilnya kudapan tanpa membuat khawatir. Berbentuk batangan, kaya gizi, mengandung serat, buah, protein tinggi namun rendah kalori. Namun beberapa merek terkenal justru mengandung lemak jenuh dan tentu saja gula dan minyak terhidrogenasi serta bahan-bahan sintesis lain. Ingat pula, ada pengawet dalam daftar.

Bahkan mereka kadang memiliki kalori yang setara dengan balok permen. Jika anda tak cukup aktif untuk membakar kalori tinggi yang masuk ketika anda mengudap 'camilan sehat' itu, anda benar-benar telah menyabotase diet anda.

Tips menghindari sabotase yang tak perlu, anda bisa membuat campuran protein dan karbohidrat dengan mencamil apel dengan sedikit selai kacang atau secangkir anggur dengan sepotong sedang keju rendah lemak. Tapi jika anda tetap menginginkan batangan bernutrisi bermerk pilih yang memiliki kalori kurang dari 200 dan lemak maksimal 2 gram (pasalnya anda masih akan mendapat bonus lemak kurang lebih 2 gram lagi).

Granola


Granola biasanya dibuat dari bahan-bahan alami yang masih utuh seluruhnya, seperti gandum utuh, oat, biji-bijian dan buah kering. Namun bahan-bahan itu akan dilapisi dengan sirup gula itulah yang memasok kalori besar.

Satu mangkuk sedang dengan granola dan susu dapat dengan mudah memasukkan 600 kalori ke dalam tubuh. Tentu ia menjadi masalah besar, terutama bagi anda yang tengah bekerja menjaga berat badan tetap stabil. Bila anda masih ingin menyantap granola (dan masih ingin berat badan turun), utak-atik kalori dengan mencampur granola dan sereal rendah kalori dan yogurt tanpa lemak yang mengandung rasa.

Smoothies Komersial

Smoothie adalah jenis makanan lain yang mudah didapat dan memiliki citra sehat. Namun statistik, khusus bagi smoothie yang anda beli di luar, menyatakan sebaliknya. Kalori dan gula yang dihitung dalam campuran minuman itu di toko-toko sungguh lumayan tinggi.

Lagi-lagi karena ada bahan-bahan lain yang kaya lemak dan bersifat junk, seperti minuman buah, sirup, es krim, yogurt susu asli dan bahkan sirup coklat. Beberapa smoothies besar memiliki hampir 1.000 kalori. Itu bahkan lebih dari satu porsi makanan cepat saji.

Bagian yang membuat lebih buruk, smoothie komersil dapat membanjiri tubuh anda dengan gula hingga lebih dari 25 sendok makan. Begitu ia masuk dan diserap darah, bisa dipastikan mood anda terpengaruh, anda jadi mudah ngambek, tersingguh dan lesu.

Saran terbaik, buat smoothie anda sendiri di rumah. Anda dapat menjaga kalori dan gula dengan memastikan menggunakan susu skim, buah segar, yogurt tanpa lemak. Salah satu standar umum universal adalah setengah cangkir susu skim, 1/2 hingga 3/4 cangkir buah segar dan 1/2 cangkir yogurt tanpa lemak dengan 3 atau 5 kubus es batu. Anda bisa ganti kombinasi buah atau rasa yogurt untuk menghasilkan smoothie favorit anda.

Minuman berenergi


Betul, jenis produk satu ini kerap muncul dengan strategi pemasaran yang seksi. Namun mereka tidak seajaib iklan yang ditayangkan. Mereka mendongkrak energi dari kafein.

Memang, beberapa dari mereka memiliki sedikit kafein dari secangkir kopi normal, seperti 50 mg di beberapa produk, sedangkan kopi normal biasanya mengandung 100 hingga 150 mg. Vitamin B  dan asam amino yang tidaklah benar-benar memberi tambahan berarti bagi tubuh anda.

Satu yang pasti mereka berkadar gula tinggi, yang dapat masuk ke pembuluh darah dengan cepat dan ironisnya tidak memberikan energi dalam jangka waktu lama. Jadi lebih baik untuk menenggak satu cangkir kopi atau teh untuk memperbaiki kafein dalam tubuh dan jika anda butuh pemanis, sesendok atau 2 sendok teh gula atau pemanis sudah sangat cukup.
Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber:
republika.co.id 

Artikel Terkait:
 Diet dan Lemak Badan
Awas, Diet Terlalu Ketat Justru Bikin Tulang Keropos

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar